Menjadi pelaut itu..

Panas, penuh dengan oli, tubuh berpeluh, suara bergemuruh disekeliling, mengambang bau minyak, membuat pusing orang yang belum terbiasa. kumasuki ruang mesin kapal. Sebuah Kapal Tanker. Entah kenapa, saya berpikir mereka mau bekerja di kamar mesin kapal yang “aduhai” itu, berapa gaji mereka, apa yang mereka dapatkan dengan pengorbanan tubuh yang luar biasa tersebut.
Sudah sebulan terakhir ini saya banyak bergaul dengan para pelaut. Dari mulai Kapten, Chief Officer, orang mesin, sampai para kadet. Berpisah dengan keluarga mungkin pengorbanan paling besar dari pekerjaan mereka yang mengharuskan tinggal selama 6 bulan – 1 tahun, tanpa pulang. Namun di satu sisi, penghasilan besar mereka dapat. Seringkali ketika di pelabuhan,ketika kapal sedang mengeluarkan muatannya, mereka dapat refreshing sejenak keluar mencari penghiburan. Membayangkan anakku yang masih kecil terpisah 1 tahun ngeri rasanya. Jangan-jangan dipanggilnya saya om kelak ketika saya kembali bertemu dengannya.
Namun begitulah kehidupan yang mereka pilih. Sama ketika kita nonton film “In the heart of the sea”, yang selama belum tercapai target tertentu (2000 barels minyak paus) tidak akan pulang. Itu bisa memakan waktu tahunan. Saat ini para pelaut berlayar sekian lama, menghantarkan minyak dari 1 depot ke depot lain, itulah target mereka, pekerjaan mereka. Dan selama sekian periode tersebut mereka belum boleh meninggalkan pekerjaan mereka (siapa yang akan mengoperasikan kapal jika mereka pergi).
Nb: jika saya jadi pelaut saya tidak mau bekerja sebagai orang mesin (meskipun keren kuliahnya: teknik mesin), saya mau jadi navigator saja. Ehhehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

