Etos kerja spongebob

seperti kita tahu dan telah banyak dibuktikan, bahwa sesuangguhnya kekayaan terbesar dari suatu bangsa adalah kualitas SDM-nya. Jepang, korea, merupakan contoh sebuah negara dengan sumber daya alam terbatas, namun kita bisa lihat sekarang berkat etos kerja rakyatnya negara itu bisa tumbuh besar. Di lain pihak, Nigeria, sebuah negara dengan produksi minyak yang besar, merupakan sebuah contoh negara dengan kekayaan alam besar, namun kekayaan alam tersebut tidak menjamin  negara tersebut sejahtera.

Dan berbicara mengenai  etos kerja, saya, yang masih menggemari kartun sponegebob & squarepants, melihat bahwa disitu digambarkan, bagaimana karakter spongebob yang amat sangat mencintai pekerjaannya di krusty krabs sebagai juru masaknya. sebegitu cintanya sampaidiberikan gaji kecilpun diterima oleh spongebob. di sisi lain ada squidward, seorang berjiwa seni terjebak dalam pekerjaan yang tidak ia cintai. Digambarkan squidward yang bercita-cita menjadi seniman besar, namun bekerja di krusty krab, dan hal itu menyebabkan ia lesu, tidak antusias, dan bekerja apa adanya disitu. Dan hal terburuknya, ia harus menjalani itu tiap harinya. Betapa menyiksanya.

Masih banyak masyarakat kita, teman kita, yang bekerja tidak sesuai dengan passionnya. hal ini menyebabkan mereka tidak optimal dalam bekerja dan bekerja apa adanya. Hal ini menyebabkan etos kerja rendah. Mungkin ada di sekitar kita, teman kita berjiwa sebagai pembalap, namun karena kebutuhan ekonomi menjai tukang parkir, atau dalam jiwa seorang satpam tersimpan jiwa seorang pemain sepakbola. Banyaksaya temui, teman-teman kantor kita bekerja yang hanya sekadar bekerja, malakukan rutinitas yang itu-itu saja tampa menghasilkan suatu perubahan, suatu improvement bagi perusahaan. mungkin mereka jiwanya bukan disana, mungkin dalam lubuk hati mereka mereka ingin menjadi yang lain. mungkin saja.

Saya pernah membaca salah satu keberhasilan dalam karier kita adalah kita mencintai apa yang kita lakukan. entah kita sebagai karyawan, pengusaha, ataupun seorang profesional. Intnya ialah kita mencintai pekerjaan kita. karena hanya dengan itu kita mampu untuk menampilkan performa terbaik kita. Malah ada ungkapan “love your job, and you’ll never have to work a day in your life”, yang kira-kira artinya adalah, bekerja itu adalah liburan, karena kita tidak akan pernah merasa bosan untuk menekuninya., sma seperti halnya liburan.

Kembali kepada kemajuan bangsa. mungkin jika setiap diri kita mencintai apa yang kita kerjakan, seperti halnya spongebob, maka performa kita akan meningkat dan bangsa dan negara kita akan maju dan sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

#sedikit pemikiran saya

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: