Bell palsy

Apa itu bell palsy? saya pun baru tau ketika saya kena penyakit itu. Ya bell palsy adalah nama penyakit sodara2. Penyakit ini menyerang saraf wajah, sehingga saraf kita lumpuh sebelah. Jadi ketika kita senyum, mulut kita menceng.

WP_20141026_07_44_58_Pro

Pertama kali saya merasakan penyakit ini, saya pikir saya terkena stroke. karena seringkali saya liat orang stroke itu monyong mukanya. lalu saya googling dan ketemu lah nama penyakit ini. Begitu saya tau penyakitnya, saya langsung ke rumah sakit. namun sayang, dokter sarafnya lagi libur dan tak ada di rumah sakit. T.T

Akhirnya selang 2 hari kemudian saya baru bertemu dokter saraf, dan dokter rehab medis. yang unik ketika saya di rehab medis, muka saya diterapi dengan 3 macam alat, diathermy, IR, dan listrik tegangan rendah. dan antara diathermy dan IR saya bingung, karena efek yang saya rasakan sama aja, hanya terasa panas. seminggu saya diterapi seperti itu, setiap hari. namun kok belum ada kemajuan selang 9 hari setelah saya terapi dan minum obat.

WP_20141107_09_30_18_Pro

Akhirnya demi muka normal, saya ke jakarta, untuk pengobatan yang lebih baik. memang alatnya lebih baik, dan obatnya pun sebenarnya sama saja, hanya berbeda di dosisnya, kata dokternya kurang dosisnya. malah saya hendak disuruhnya opname. namun saya tidak mau.

dan selang 3 hari kemudian saya sudah bisa tersenyum. Alhamdulillah.

20141129_100527

oya, nama obat yang saya konsumsi: methylprednisolone, mecobalamin, mevix. namun semua harus resep dokter. jadi inti dari menghadapi penyakit ini adalah sabar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

