balongan-jatibarang-jakarta

ini pertama kali saya jalan2 ke indramayu, sebenernya ga jalan2 sih, tapi sedang ada penelitian aja di depot balongan. Indramayu, kota di pesisir utara jawa barat ternyata kotanya yang dalam bayangan saya semula ramai oleh bis2 besar lintas pantura, eh ternyata kotanya tentram dan damai. Kendaraan bermotor jarang2 lewat, angkot pun jarang, dan walaupun letaknya dekat dengan pantai, hawanya ga terlalu panas kayak jakarta. Balongan adalah nama kecamatan di Indramayu, sekitar 15 menit dari pusat kota. Angkot kesana jarang, apalagi kalo jam 4 sore mau pulang dari balongan ke kota, udah ga ada rek. Alhasil selama di balongan kami hampir selalu diantar jemput. Jakarta-balongan kemarin kami tempuh dengan mobil, dan menghabiskan 4 jam, karena macet dan lainnya.

Nah, ketika mau pulang, kami mencoba naik kereta. Stasiun KA tidak ada di Indramayu, adanya di jatibarang. Jatibarang sendiri adalah nama kecamatan di indramayu selatan. Iming2nya sih, jatibarang-jakarta bisa ditempuh selama 2,5 jam. Indramyu-jatibarang sendiri ditempuh selama 30 menit, menempuh 14 km. Jalannya sepi, aga bergelombang. Dan tidak disangka-sangka, jatibarang ternyata lebih hidup dibanding indramayu, namun lebih kumuh. Bangunan-bangunan dipinggir jalan mepet sama Jalan rya, alhasil sering terjadi kemacetan disitu. Suasananya tidak teratur. Dan untuk memasuki Stasiun, wow, kami harus melewati pasar yang ramai, dimana kegiatan jual-beli, bongkar muat barang trjadi di jalan. alhasil kena macet kami disitu. Padahal stasiun merupakan tempat transportasi umum yang harusnya akses jalannya mantap, tapi disini malah sebaliknya.

Okey, kereta kami Cirebon ekspress berangkat pukul 4, telat dibanding jadwal di tiket, namun itu sudah biasa di KA2 Indonesia. Dan akhirnya kami tiba di jakarta pukul 18.30, 2,5 jam saja. cepat ya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: