Sate-sate maknyus

Siapa sih yang tidak mengenal sate?, kuliner asli Indonesia ini merupakan favorit banyak orang dan  sudah sangat terkenal ke mancanegara. Namun cita rasa sate ini amat bervariasi di Indonesia, tergantung wilayahnya. Ada sate Madura, sate solo, sate ponorogo, bahkan sate di jalan kebon sirih Jakarta pun memiliki rasa yang unik. Nah kalau sate Madura yang bumbunya kacang tentu kita sudah sangat familiar, karena banyak warga Madura yang merantau ke daerah-daerah banyak yang memperkenalkan sate ini. Sedangkan sate solo cukup terkenal juga dengan bumbu kecapnya. Namun sate ponorogo?, sudahkan anda mengenalnya?

Sate ini saya cicipi ketika saya sedang dinas di Kabupaten trenggalek, Jawa Timur. Trenggalek dan Ponorogo bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan saja. Sate Ponorogo yang terkenal ini, namanya Sate Tukri, karena pemiliknya bernama Pak Tukri, cukup melegenda di Ponorogo dan sekitarnya, bahkan Bapak Presiden kita, SBY, pernah mampir kesana. Sejatinya, sate ponorogo adalah sate ayam, dengan bumbu kacang yang kental. Satu tusuk sate ayamnya amat besar dibandingkan sate-sate ayam konvensional yang banyak berada di pinggir jalan, bumbunya terbuat dari kacang dan amat kental, dan halus tumbukan kacangnya. Sate ini disajikan dengan lontong.  Satu porsinya dibanderol tidak lebih dari 20 ribu rupiah (saya lupa), cukup murah dan amat mengenyangkan. O ya, sate ini bisa dibungkus untuk dijadikan oleh-oleh, dan konon bisa bertahan 3 hari. 1 besek sate, berisi 50 tusuk, dibanderol 75ribu rupiah.

 sate pon

Sate lainnya yang tak kalah enak ada di jalan kebon sirih Jakarta. Tempat ini selain menjual sate, juga menjual nasi goreng juga, namun meskipun jualannya kaki lima, pengunjung yang dating membludak. Sate yang dijual disini ialah sate kambing, dagingnya besar-besar, dengan bumbu yang mantap banget, mlekoh banget kambingnya,,haha. Satu porsi sate ini dibanderol 38ribu, cukup mahal, namun harga tidak pernah bohong, cukup worthed untuk dicoba.
satesir

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: