Membuat stylus ipad sendiri

Akhirnya terbeli juga ipad 2, dengan warna putih susu, dan sensitivitas layar yang luar biasa, lebih hebat dibandingkan dengan tablet-tablet lainnya. Dari dulu saya menginginkan gadget ini. Saya ingin menjadikan ipad ini sebagai pengganti kertas. Namun tentu saya membutuhkan stylus agar bisa memudahkan saya untuk menulis di ipad ini.
Setelah mencari kesana kemari, akhirnya saya menemukan beberapa merk yang menurut beberapa user sangat enak dipakai untuk menulis. Beberapa merk itu antara lain, Bamboo stylus wacomm, pogo, targus. Dan harganya cukup mahal, bisa mencapai 350 ribu rupiah untuk stylus itu. Meskipun demikian, karena dunia butuh keseimbangan, ada juga stylus berharga murah, hanya 25ribu rupiah, tau buatan mana? Yak, anda pasti bisa menebaknya, siapa lagi kalau bukan dari China. Namun saya meragukan barang-barang buatan China bisa bertahan lama, maka saya tidak berniat untuk membeli stylus made in china itu, meskipun berharga murah.
stylus
Lalu saya mencari-cari lagi di internet dengan kata kunci “made your own stylus for ipad”, dan banyak link keluar, dan ternyata mudah saja membuat stylus sendiri, meskipun kualitasnya juga seadanya, haha. Bagaimana cara membuatnya;
1. Beli spongebob, eh sponge yang kuningnya padat, jangan yang lunak. Saya beli sponge nya harganya 13500, sedangkan yang kuning lunak Cuma 2000
2. Siapkan pulpen bekas
3. Lalu gunting sponge-nya secukupnya, masukkan sponge itu kedalam pulpen
4. Atur ujungnya, sesuaikan dengan selera
5. Stylus-nya bisa digunakan
Layar ipad, ataupun galaxy tab, maupun tablet-tablet lainnya yang menggunakan layar kapasitif. Layar ini bekerja dengan memanfaatkan listrik statis di tubuh kita. Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.

Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.

Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.

Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Jadi agar stylus buatan sendiri ini dapat bekerja pastikan tangan anda menyentuh bagian pulpen yang diisi sponge, karena sponge itu bersifat konduktif yang mampu menyalurkan electron dari tubuh kita. Atau anda bisa melilitkan alumunium foil ke sekeliling pulpen tersebut.

  1. Apakah sembarang jenis pena dapat digunakan? Apakah busa bisa diganti dengan bahan lain? Trims.

    • semua pena bisa digunakan, karena itu cuma sebagai pegangan saja, yang terpenting itu busanya. Busanya bersifat konduktif sehingga bisa menyalurkan elektron dalam tubuh kita. Kalo mau ganti busa, cari bahan konduktif lainnya, namun yang halus, supaya layar ipadnya ga rusak😀.

    • setya
    • April 24th, 2012

    kalo pake cotton bud bisa gan?

    • kevin
    • June 5th, 2012

    spons yg dimaksud tuh ky gmn sih? spons yg buat cuci piring itu? ato yg yang lain? , contohny gmn?

    • yang agak keras busanya bos, ane beli harganya 12ribu, klo yang empuk cuma 2000an

    • kevin
    • June 30th, 2012

    gan , kalo blh tau , beliny di toko mana ya? kok sy cari ga ada yg jual

    • waktu itu saya beli di toko monemi di dekat kebun binatang ragunan. tapi coba aja ke hypermart ato mart2 yg laen mungkin ada

    • har
    • March 13th, 2013

    Spons nya itu dalam kondisi kering bisa?

    • sofiaamalia117
    • November 8th, 2013

    Busa apaan…. ???? >< cari-cari di toko kaga ada😦
    itu busa namanya apaan ? busa keras atau yang kayak apa gituh ?

    • bibob
    • December 8th, 2015

    busa nya kasur itu lhoo..tp yg keras..:D

    • fela
    • January 31st, 2016

    ujungnya pake apa? sponge / gimana?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: