Aku Cinta Produk Indonesia

KRL bekas

Baru-baru ini di Kompas ada wacana Indonesia akan membeli alutsista bekas Negara-negara eropa, seperti tank, peluncur roket dan lain-lain. Pihak Indonesia mengklaim akibat krisis ekonomi eropa, alutsista itu akan dijual murah, dan Indonesia harus memanfaatkan peluang itu untuk berburu alutsista bekas tersebut. Baru-baru ini saya menaiki KRL Komuter, Jakarta-depok, dan suasana keretanya amat nyaman, karena keretanya bersih dan dilengkapi AC. Namun yang membuat saya terkejut, ternyata asesorisnya masih ada yang berbahasa Jepang, dan setelah saya telusuri, kereta ini, kereta hibah dari Jepang. Yang artinya Indonesia menampung lagi barang bekas dari Negara lain.

Indonesia sebenarnya memiliki industry-industri yang mampu membuat sendiri barang-barang seperti kereta dan alutsista. Kita punya PT INKA di Madiun, yang mampu membuat gerbong kereta, dan industry pertahanan Indonesia pun sebenarnya mampu untuk membuat alat-alat pertahanan jika saja pemerintah sabar dan terus mendorong kemandirian alutsista.
Menerima barang gratisan, seperti kereta bekas, tentu enak, tidak perlu mengeluarkan uang, namun apakah penentu kebijakan negeri ini sadar bahwa dengan mengizinkan kereta-kereta bekas itu masuk Indonesia, itu sama saja membunuh industry local. Jepang sendiri memberikan batasan waktu edar bagi kendaraan-kendaraan umum itu , salah satu alasannya ialah agar industry-industri terkait dapat terus berkembang, berproduksi.
Lalu saya kira mengenai alutsista, pemerintah hendaknya melakukan produksi bersama pabrikan-pabrikan alutsista eropa tersebut, sehingga terjadi alih teknologi yang mampu membuat bangsa ini punya nilai tambah, tidak sekedar membeli dan membeli saja.
Semoga Pemerintah terus mendorong kemandirian industry nasional, dan memberdayakan, mengembangkan den memutkhirkan industry-industri strategis nasional.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: