Opini: Indonesia vs Arab Saudi

 made

Pada tanggal 7 Oktober lalu Indonesia beruji coba dengan tim nasional Arab saudi, pertandingan sendiri di gelar di Malaysia. Pertandingan ini ditujukan untuk pemanasan jelang pertandingan melawan Qatar. Arab Saudi merupakan salah satu negara yang disegani dalam persepakbolaan Asia, meskipun beberapa tahun terkahir prestasinya cenderung menurun, namun hal ini tidak menghilangkan gengsi Arab sebagai tim besar Asia, apalagi saat ini Arab Saudi ditangani oleh Frank Rijkaard, mantan arsitek Barcelona.

Pada pertandingan ini, pelatih Wim mencoba memainkan muka-muka baru, seperti kiper Made, Bek kiri diisi oleh Supardi, Irfan Bachdim dimainkan sebagai striker, lalu Ferdinan Sinaga yang dimainkan sebagai sayap kanan, sektor gelandang pun diisi oleh Hamka yang sebenarnya merupakan seorang bek. Pertandingan sendiri berjalan alot, pada babak pertama, Indonesia terus digempur oleh Arab Saudi, namun berkat kesigapan kiper Made Wirawan, gawang Indonesia masih tetap perawan. Indonesia sesekali melakukan serangan, yang hasilnya cukup bagus meskipun tidak dapat di konversi sebagai gol. Namun yang perlu dicermati ialah permainan Indonesia yang cenderung takut, passing yang terkadang kurang terarah, cepat kehilangan bola, masih menjadi penyakit Indonesia., terutama di babak pertama. Pada babak kedua, permainan Indonesia mulai meningkat, skema passing cepat mulai bisa dipraktekkan, dan beberapa peluang pun muncul, sayang tidak terjadi gol. Dalam pertandingan ini pun saya melihat Ferdinand Sinaga tampil cukup apik sebagai sayap kanan, terobosan-terobosannya cukup mematikan, semoga dia bisa memertahankan permainannya itu.  Kiper Made Wirawan pun tampil sangat baik, saya menobatkannya menjadi Man of the match pertandingan kali ini.

Namun demikian pelatih Wim cukup puas dengan permainan timnas ini, tapi menurut saya, secara pribadi saya belum puas, masih banyak kesalahan elementer yang tidak seharusnya terjadi. Semoga melawan Qatar besok 11 Oktober, permainan Indonesia semakin meningkat, dan mampu menyumbangkan poin perdana bagi Indonesia.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: