Wayang Kulit (ternyata) masih digemari

wayang
Tadi malam saya berkesempatan untuk menonton pertunjukan kesenian wayang kulit, di daerah Panggul, Trenggalek, Jawa TImur. Pertunjukan Wayang Kulit ini dimulai sekitar pukul 9 malam dan berlangsung semalam suntuk sampai pagi. Banyak yang mengira bahwa kesenian wayang kulit sudah kehilangan peminat, sehingga kebudayaan ini terancam eksistensinya. Namun melihat suasana semalam, saya ragu wayang kulit akan kehilangan eksistensinya, pertunjukan semalam berlangsung ramai sekali, bahkan koridor utama pertunjukkan tidak mampu menampung jumlah penonton, sehingga panitia memasang 4 LCD proyektor untuk mengatasi membludaknya penonton. Di luar koridor pertunjukkan utama, warga yang menonton antusiasmenya amat luar biasa, mereka tidak segan-segan untuk menonton beralaskan aspal jalan, bahkan ada yang sampai membawa anak kecil untuk menonton, dan itu berlangsung sampai hampir jam 2 dini hari.

1
Saya yang kebetulan ikut atasan yang diundang, duduk di barisan VIP sehingga tidak perlu ikut berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Bahwa saya keturunan Jawa itu fakta, namun saya tidak mengerti jalan cerita yang disampaikan sang dalang, karena dalang menggunakan bahasa Jawa Kromo atau halus. Sehingga saya pun terkantuk-kantuk ketika menonton pertunjukkan tersebut.
Pertunjukkan wayang sendiri ternyata tidak hanya sekedar dalang memainkan wayang. Banyak komponen lain selain sang dalang dalam pertunjukkan tersebut. Diantaranya ada pesinden, pemain instrument music; gong, gamelan,gendang, dll. Sehingga saya kira cukup wajar untuk mengundang grup kesenian wayang dengan dalang Ki Anom Suroto, panitia mengeluarkan dana tak kurang dari 75 juta rupiah.
Melihat pertunjukkan semalam, semoga pertunjukkan wayang tetap mempunyai tempat di hati masyarakat khususnya, dan Indonesia umumnya, sehingga kebudayaan yang dulu sempat dijadikan media dakwah Islam ini terus Berjaya di bumi Indonesia ini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: