Ayo Bangkit Industri Strategis.

n219pal pindad

Komitmen pemerintah untuk mengembangkan industri strategis akhirnya semakin menunjukkan tanda-tanda nyata. Hal ini terlihat dari bantuan kepada industri-industri strategis, seperti PT DI, PT PAL, dan Pindad. PT DI merupakan industri strategis yang core-business nya membuat pesawat. PT DI sendiri di suntik Rp 2 T untuk membenahi keuangan perusahaannya. Sedangkan PT PAL disuntik Rp2.15 T. PT PAL merupakan BUMN yang bergerak di rancang bangun kapal, dan terakhir PT Pindad, BUMN di bidang persenjataan, disuntik dana Rp693 M.

Menurut saya, industri strategis merupakan salah satu industri yang menjadi indikator maju-tidaknya suatu negara. Karena industri ini merupakan high technology industry, yang tentu saja membutuhkan SDM yang high-qualified.Dengan semakin berkembangnya industri strategis, tentu SDM nya juga akan meningkat, dan SDM yang dibutuhkan tentu saja yang mengerti teknologi tinggi pada umumnya. Dengan penguasaan teknologi tinggi, diharapkan Indonesia bisa menjadi raksasa baru di bidang teknologi, seperti halnya Jepang atau Korea.

Kita bisa lihat negara-negara maju, seperti Jepang, Korea, ataupun Amerika. Negara-negara itu menjadikan teknologi sebagai dasar perekonomian mereka. Negara-negara seperti Jepang, korea, tidak memiliki SDA sekaya Indonesia, hanya dengan pengetahuanlah negara-negara itu maju.

Namun, industri strategis di Indonesia seperti perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatas masih belum mencapai titik puncaknya, banyak kendala menyertai berkembangnya BUMN-BUMN tersebut. Kebanyakan dari mereka seakan “hidup enggan, mati tak mau” semenjak krisis ’98. Oleh karena itu dibutuhkan peran pemerintah untuk kembali menghidupkan industri ini.

Dengan potensi yang masih luar biasa besar, diharapkan industri-industri strategis seperti disebutkan diatas dapat maju, berkembang, dan tidak menutup kemungkinan menjadi world-class company di bidang masing-masing.

PT DI saat ini mulai menggeliat, dengan proyek terbarunya N-219, sebuah pesawat perintis, kapasitas 19 orang, diharapkan mampu menjadi pesawat perintis yang mampu melayani kebutuhan transportasi dalam negeri. Selain itu, PT DI juga menjadi industri yang berencana membuat pesawat tempur KFX dengan bekerjasama dengan Korea Selatan. Dengan proyek ini, Indonesia dapat alih transfer dari insinyur-insinyur penerbangan Korea.

PT PAL Indonesia juga bukan perusahaan kemarin sore. PT PAL baru-baru ini berhasil menyelesaikan pesanan kapal tanker berbobot 50.000 DWT (Dead Weight Tonnage), pesanan Perusahaan Singapura. Kapal ini diklaim sebagai salah satu kapal terbaik dunia. PT PAL juga mengerjakan kapal patroli pesanan departemen pertahanan, dan jenis kapal-kapal lainnya.

PINDAD sebuah perusahaan senjata, telah berhasil mengekspor panser anoa-nya ke Malaysia dan Brunei. Hal ini menjadi bukti bahwa PINDAD mampu untuk membuat barang berkelas.

Dengan suntikan dana pemerintah ini, semoga BUMN strategis kita semakin maju..

Jaya Indonesia..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: