wisata di papuma

Pernahkah anda mendengar tentang pantai Papuma atau pantai Watu Ulo?. Pasti masih banyak yang belum tau. Kebanyakan dari kita masih lebih kenal dengan Kuta, Bali. Namun jangan salah, pantai ini sangat indah, pantai pasir putih dengan pantai karangnya, dan deburan ombaknya, luar biasa menyegarkan mata.

Papuma adalah pantai yang terletak di selatan Jember, Jawa Timur. Pantai ini bisa ditempuh dalam 1 jam perjalanan dari Jember. Akses umum ke pantai ini agak sulit dikarenakan jarangnya angkutan kota ke daerah ini. Pantai Watu Ulo sendiri merupakan pantai dengan panjang pantai yang lebar, secara administratif Watu Ulo dikelola oleh Pemerintah daerah Jember. Keadaan pantainya sendiri sebenarnya amat indah, namun hal ini tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai, mulai dari kurangnya tenaga kebersihan, sampai dengan tempat parkir kendaraan yang seadanya. Alhasil pantainya seperti tidak ada yang mengurus, sampah cukup banyak bertebaran di pantai.

pantai watu ulo
Selang 1 km dari Watu Ulo, kita sampai di pantai Tanjung Papuma. Secara administratif pantai ini dikelola oleh Perhutani. Karena beda pengelola, maka kita harus membayar uang masuk 2 kali. Pantai ini merupakan pantai yang luar biasa indah. Pantai ini sendiri merupakan gabungan antara pantai pasir putih, dan pantai karang. Karang-karang di pantai ini amat luar biasa, tinggi besar menjulang, kesannya amat eksotis. Dibanding kan Bali, pantai ini masih jauh lebih bagus (menurut saya ya). Seperti layaknya pantai selatan, ombaknya amat ganas, besar sekali, maka dilarang keras berenang di pantai ini. Namun masih banyak hal lain yang bisa dilakukan selain berenang. Kita bisa menjelajahi karang-karangnya, melihat pantai dari ketinggian, serta menikmati indahnya sunset di pantai ini. Suasananya amat romantis.

tanjung papuma
Fasilitas di pantai papuma, cukup memadai, restoran, tempat menginap, masjid, serta toilet umum ada di pantai ini. Namun yang disayangkan, masih banyak sampah yang dibuang pengunjung di pantai ini. Dari banyak pantai yang pernah saya kunjungi pantai ini masih jadi yang terbaik.
sunset tanjung papuma

karang papuma

karang papuma_2

pasir putih papuma

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: