Lost in bondowoso

Sudah hampir 3 minggu ini saya berada di bondowoso. Bondowoso adalah sebuah kabupaten di jawa timur, terletak diapit pegunungan iyang di sebelah barat, dan pegunungan ijen di sebelah timurnya. Sebagai sebuah kota, kota ini amat jauh dari keramaian, tidak ada mall, tidak ada bioskop, tidak ada hingar bingar kota, yang ada hanyalah kedamaian..haha..dan saya kira kota ini cocok bagi yang ingin kedamaian dan ketentraman hidup.

Untuk menempuh kota ini agak cukup sulit. Dari surabaya hanya tersedia 2x pemberangkatan bus dari terminal purbaya bungurasih, jam 11an pagi, dan sekitar jam 5 sore, nama busnya ladju. Namun jika kita tidak naik bus itu, kita bisa menggunakan bus ke arah jember ataupun situbondo, dari kedua kota itu terdapat bus kecil yang akan membawa kita ke bondowoso.

Perjalaanan ke bondowoso dari situbondo amatlah cantik pemandangannya. Kota bondowoso yang terletak di lembah diantara 2 gunung, mengharuskan perjalanan yang naik gunung dan turun gunung. Ada suatu daerah menuju bondowoso yang disebut arak-arak, kondisi jalannya cukup bagus, dan di satu sisi jalannya berupa jurang, dan di suatu tempat tertentu, kita bisa melihat laut. Amat indah, dan sayang jika dilewatkan.

Objek wiasata di bondowoso sendiri cukup sedikit. Diantaranya ialah monumen gerbong maut dan kawah ijen. Gerbong maut merupakan suatu monumen untuk mengenang para pahlawan kemerdekaan, yang disekap dalam gerbong hingga banyak yang meninggal di gerbong tersebut. Sedangkan kawah ijen merupakan suatu objek wisata alam yang amatlah indah, meskipuun saya belum kesana, namun katanya amat canti, minggu ini kami akan kesana, insya Allah.

Lalu mengenai makanan khas bondowoso sendiri ialah yang terkenal tape manis,. Tape manis ini terbuat dari fermentasi singkong atau ubi kayu, mirip peuyeum jika di jawa barat. Kota bondowoso sendiri juga konon dikenal denga nama kota tape.

Sya sendiri rencanaya masih akan di bondowoso untuk 2 bulan kedepan. Oleh karena itu, nantikan liputan menarik seputar bondowoso lainnya..:-)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: