Like the Winds Blows

 

spirit

kemarin saya membaca status teman saya yang baru selesai sidang sarjananya, statusnya tersebut berbunyi "dan selesai sudah cerita tentang ITB". Membaca status tersebut membuat ingatan saya kembali ke jaman ketika saya masih duduk di bangku kuliah, hati saya berkata, "apa yang sudah saya lakukan, apa yang telah saya hasilkan, kontribusi apa yang sudah saya berikan kepada negara ini ketika saya masih duduk di bangku kuliah di the best engineering university in Indonesia??" pertanyaan-pertanyaan tersebut terus terngiang2 di pikiran saya selama beberapa waktu. Hati ini terasa hampa mengingat banyak waktu yang saya sia-sia kan ketika saya masih duduk kuliah, sementara banyak yang bisa dikerjakan ketika itu, dan ketika lulus pun, ya lulus lah, sampai saya melihat status teman saya tersebut.

Ternyata hidup ini memang begitu singkatnya, tak terasa saya sudah menghabiskan masa-masa indah kuliah saya, yang seharusnya saya isi dengan lebih banyak kontribusi kepada masyarakat. Oleh karena itu, jangan sampai kita ketika sudah tua kelak berkata, "dan akhirnya cerita hidup saya hampir berakhir" dengan hati penuh penyesalan karena tidak memanfaatkan masa muda sebaik mungkin semaksimal mungkin.

Rasulullah bersabda,"dan kerjakanlah dunia mu sungguh2 seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadah lah kamu seakan-akan kamu akan mati besok".

dan pada akhirnya kita harus hidup semaksimal yang kita bisa setiap detik, setiap menit, dan setiap waktu yang kita habiskan, baik dalam hal dunia maupun akhirat, sesua sabda Rasulullah diatas. Dan janganlah sampai kita menyesal dikemudian hari akibat tidak memaksimalkan potensi kita semasa sekarang, karena pepatah mengatakan "menyesal tiada berguna".

So live your own life with spirit, struggle, and strive to the best

 

 

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

