Pemain Asing Liga Indonesia

ISL

Kompetisi ISL atau Indonesian Super League atau Liga Super Indonesia 2010/2011 akan segera berlangsung Insya Allah mulai 26 September 2010. Berbagai persiapan telah dilakukan klub-klub peserta untuk menyukseskan mimpi klub-klub tersebut di kompetisi ini. Teknis pelaksanaan LSI 2010 ini tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pada pelaksanaannya masih menggunakan jasa pemain asing sebanyak 5 orang, dengan aturan 2 asia + 3 asing bebas. Aturan 2 asia + 3 asing bebas ini mungkin merupakan perubahan yang mulai diberlakukan musim sebelumnya yang tidak mengenal 2 pemain asia ini. PSSI atau BLI selaku badan pengelola Liga Super Indonesia beralasan bahwa LSI masih membutuhkan pemain asing untuk meningkatkan kualitas kompetisi dan juga untuk transfer ilmu kepada pemain lokal. Tetapi dengan tujuan “mulia” yang di buat oleh BLI ini apakah kebijakan pemain asing 5 orang dalam setiap klub ini berimplikasi positif terhadap tim nasional Indonesia selaku muara dari kompetisi LSI?

Kita tahu bahwa sejak tahun 1991, tim nasional (timnas) Indonesia selalu puasa gelar, pengecualian untuk “juara” piala kemerdekaan yang direbut setelah Libya walkout tak dihitung. Dan titik nadir persepakbolaan Indonesia terjadi pada SEA GAMES Laos kemarin. Dengan Timnas mengalami kekalahan amat sangat memalukan dari tim “anak bawang” Laos. Yang sebelumnya hal ini belum pernah terjadi, yang sebelumnya timnas mampu -kalau boleh mengatakan- menjadikan Laos menjadi lumbung gol Indonesia. Dan siapa yang menjadi juara cabang sepakbola SEA GAMES itu? Malaysia, ya, negara tetangga kita itu.

Kompetisi di Malaysia akhir2 ini menggunakan format TANPA PEMAIN ASING. Hal ini amat berbeda jauh dengan negara kita yang justru mengobral dengan 5 pemain asingnya. Dengan kompetisi model seperti itu, Malaysia mampu menjadi juara sea games. Lalu mengapa Kompetisi Liga Indonesia yang katanya ada “transfer ilmu” dari pemain asing malah menjadi bulan2an di sea games lalu?. Tanya kenapa?. Masalah pemainasing ini ternyata bukan hanya dimiliki oleh Indonesia, Inggris selaku pemilik salah satu kompetisi terbaik di muka bumi pun ternyata amat sangat penuh pemain asing, dan apa dampaknya ke timnas inggris? timnas inggris wan prestasi, dan sudah banyak kalangan di inggris menuding pemain asing lah sumber dari masalah tersebut. Jika kita melihat seperti itu, mau dibawa kemana timnas indonesia? Inggris yang kmpetisinya sudah mapan pun terseok-seok timnasnya, lalu seperti apa Indonesia yang notabene persepakbolaannya tidak seperti Inggris?

Saat ini klub-klub Liga Indonesia seakan kurang afdol jika tidak memaksimalkan jatah 5 pemain asing yang diberikan BLI tersebut. Kita bisa melihat contoh klub Persib Bandung. Bandung yang konon katanya merupakan salah satu sentra sepakbola nasional justru amat sangat ingin memaksimalkan kuota pemain asingnya, darko janackovic selaku pelatih persib bahkan amat menunggu kehadiran 1 jatah pemain asia, yang jadi pertanyaaan mengapa tidak mencari pemain lokal saja? mengapa harus pemain asing?. Seakan-akan jika tanpa pemain asing, persib akan babak belur di LSI. Padahal sejarah mencatat, Persib Bandung merupakan satu2nya klub yang pernah menjuarai liga TANPA PEMAIN ASING. Lalu jika setiap klub bertindak seperti persib, mau dikemanakan para pemain muda Indonesia?. Contoh yang paling gres mungkin mengenai posisi striker di timnas, yang dari dulu selalu bambang pamungkas yang mengisi, striker lokal yang lain tidak berkembang, karena apa? karena klub hampir selalu memakai pemain asing untuk posisi strikernya.

Sekarang ini kita perlu merevitalisasi kembali tujuan dari kompetisi kita. Kita perlu meluruskan bahwa kompetisi itu tujuannya untuk membentuk timnas yang tangguh, bukan begitu?. Oleh karena itu, menurut hemat saya, pemain asing boleh lah berlaga di Indonesia, tetapi perlu ditinjau kembali jumlah kuotanya. Jangan sampai pemain asing merebut potensi para pemain muda Indonesia. Bravo Indonesia!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: