PENCEGAHAN KECANDUAN FACEBOOK

Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya situs jejaring facebook, masyarakat sering menghabiskan waktunya dengan komputernya atau smartphone yang semakin canggih. Meskipun kontribusi facebook dalam kehidupan cukup banyak, namun Dengan melihat tingkat kecanduan remaja di kota bandung terhadap facebook, maka diperlukan upaya untuk mencegah kecanduan facebook. Karena apabila para pecandu facebook terus-menerus melakukan kebiasaan tersebut, maka akan menimbulkan efek negatif yang ditimbulkan.

Peran orang tua dalam pencegahan pengaksesan facebook yang terus menerus sangatlah penting. Pengawasan orang tua terhadap anak remajanya sangat membantu dalam pencegahan kecanduan facebook ini. Misalnya, memberikan pembatasan waktu untuk mengakses internet di rumah. Orang tua bisa memberikan waktu khusus untuk mengakses internet kepada anak remajanya atau dengan membuat kesepakatan mengenai waktu dan durasi pengaksesan internet bersama sang remaja. Selain itu pula memberikan pemahaman kepada anak remajanya tentang keuntungan dan kerugian pengaksesan facebook yang terus menerus.

pencegahan kecanduan terhadap facebook itu lebih efektif jika keinginan untuk melakukan pencegahan timbul dari dalam diri remaja tersebut. Ada beberapa cara efektif yang mungkin bisa dilakukan oleh para remaja yang kecanduan facebook untuk benar-benar berhenti dari kecanduan facebook, antara lain :

  1. Membuat jadwal waktu khusus untuk mengakses facebook. Misalnya, dalam sehari kita canangkan untuk mengakses facebook satu jam atau pada waktu-waktu tertentu.
  2. Bawalah uang secara terbatas jika ingin mengakses facebook dari warnet. Dengan begitu, kita tidak akan berlama-lama untuk mengakses internet di warnet.
  3. Perlu anda ingat dalam benak anda, bahwa teman nyata lebih baik dari pada teman maya.
  4. Tidak terlalu sering mengomentari status atau komentar-komentar lainya tentang teman-teman di facebook.
  5. Menggunakan fasilitas chatting di facebook secara wajar dan seperlukan.
  6. Berusahalah untuk selalu mengingat bahwa pekerjaan anda tidak cuma ber-FB ria saja, ada pekerjaan-pekerjaan lain yang harus anda kerjakan.

Semua cara-cara pencegahan kecanduan facebook di atas tidak akan berjalan jika niat dari para remaja untuk lepas dari kecanduan facebook pun kurang kuat. Maka dari itu, di perlukan niat yang kuat untuk tidak atau mengurang kecanduan facebook dari para pecandu facebook.

author: anonim

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: