Toefl ITP

itp
Bulan kemarin saya ikut toefl itp. Toefl itp merupakan toefl yang levelnya (katanya) intermediate-advance, jadi cukup bisa menggambarkan sudah sampe level mana basa inggris kita. Saya ikut toefl itp di UPT bahasa ITB, cukup mahal biaya yang harus dikeluarkan 330rb.

Ini tes toefl itp kedua saya. Yang pertama jelek sekali, rasanya pengen nyobek2 tuh kertas hasilnya, tapi dulu sih emang ga belajar sama sekali jadi wajar hasilnya jelek. Nah untuk tes kedua ini, karena uang yang dikeluarkan sudah banyak maka saya ga mau gagal lagi, maka saya persiapkan jauh hari tes ini, sampe saya bela2in beli buku tentang toeflnya. Setelah persiapan 1 minggu lebih saya akhirnya merasa siap untuk tes.

Akhirnya saat tes tiba. Ketika  mendengar listening toefl itp dibandingkan listening dari software yang biasa buat latihan terasa berbeda. Ngomongnya kaya kereta ekspres ampir2 ga ngerti ngomong apaan, berbanding kebalik kalo yang software, software yang biasa ku buat latian amat sangat dimengerti, karena kecepatan berbicaranya ga terlalu cepet. Lalu untuk bab struktur dan reading , soalnya masih standar. Akhirnya selesai juga tesnya.

Setelah 1 minggu lebih, hasilnya kemudian keluar. Dan hasilnya cukup membuat saya puas. Saya yang pada tes pertama hanya mendapatkan nilai 447, sekarang mendapat hasil yang jauh lebih baik dengan skor 533.

memang benar sebuah ungkapan “practice makes perfect”. Meskipun bagi sebagian orang nilai 533 masih standar, tapi semoga ini menjadi step awal untuk kenaikan nilai toefl edisi2 selanjutnya..amin

    • Sang Penjelajah Malam
    • September 28th, 2010

    toefl 315, welek

  1. denger listening ITP agak berbeda bos. bener banget tuh kaya kereta express saya sering ga denger tuh, speakernya bilang apa. berbeda sekali dengan software punya, lebih dimengerti. saya baru ikut 1x itp kemarin tapi hasilnya belum keluar sih. tapi sedih banget rasanya udah belajar, tetap saja kualahan harus berpacu dengan waktu. untuk structur 25menit + buletin jawaban (rasanya kaya ga sempet mikir). bener – bener deh pasrah saja.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: