Audit energi Bangunan

Bulan-bulan kemarin, sya bersama teman-teman kuliah, berkesempatan melakukan audit energi bangunan di sebuah hotel bintang 4 di kota Bandung, yaitu hotel Horison. Mungkin ada yang bertanya, bukannya audit itu identik dengan audit keuangan ya?..tidak juga, kami melakukan audit energi ini untuk melihat apakah ada peluang penghematan energi yang digunakan suatu bangunan. Karena, hotel khususnya, harus mengeluarkan uang ratusan juta hanya untuk membayar tagihan listriknya. Jadi jika kita mendapat suatu celah untuk menghemat penggunaan energi listrik tersebut, maka kita akan menghemat uang. Jadi UUD (ujung-ujungnya duit juga).
Selain itu jika kita kaitkan dengan isu pemanasan global yang sekarang sedang hangat dibicarakan, maka jika kita menghemat energi listrik yang kita gunakan, maka kita akan ikut berkontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca. Mengapa? karena kita tahu, Indonesia menggunakan pembangkit listrik yang bahan bakarnya banyak menggunakan BBM ataupun batu-bara, masih sedikit pembangkit listrik yang menggunakan energi bersih.

Energi yang digunakan hotel, khususnya, energi yang paling banyak digunakan ialah untuk menjalankan sistem tata udara, banyak bangunan yang persentase energi untuk sistem tata udara ini sekitar 60% dari keseluruhan energi total. Jadi jika kita dapat menemukan celah utnuk efisiensi sistem tata udara, maka kemungkinan penghematan akan besar. Sistem udara ini meliputi, AC sentral (chiller), AC split, AHU , FCU. Di hotel horison, karena chiller yang digunakan masih relatif baru, maka efisiensinya masih tinggi, dan sistem perawatan yang baik, sehingga berdasarkan hasil audit kami, maka persentase penggunaan energinya sekitar 40,4%. Sangat hemat.

Bagi yang ingin melihat draft audit energi sistem tata udara ini maka saya dengan senang hati bersedia men share nya, silakan isi komen dengan email..ok!

    • Said Fhazli
    • February 7th, 2012

    Dear,,

    Saya sangat tertarik dengan program tentang audit energi pada bangunan,, mohon untuk dapat berbagi mengenai artikel ini ke saya,,

    Wassalam,,

    Said Fhazli

    • Zulham
    • May 14th, 2012

    saya tertarik dengan pembahasan Anda. Saya ingin melihat contoh draft audit energi sistem tata udara Anda.

    • Mia Afianika
    • September 2nd, 2012

    kebetulan saya sedang mempelajari audit energi pada semester ini saya begitu tertarik dan ingin melihat contoh draft audit energi sistem tata udara anda.

    trims,

  1. Assalamualaikum.. salam kenal mas, bolehkah saya minta contoh draft audit energi sistem tata udara nya… kebetulan konsentrasi saya di konservasi/audit energi, dan skg sedang mempelajari mata kuliah audit energi. trimakasih mas.

    ini email saya mas
    adehadisantoso@gmail.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: