Keseimbangan alam

Semester ini saya ikut kuliah “teknologi Pemrosesan Material” dosennya pak Bambang. Setelah mengikuti kuliah ini beberapa pekan ternyata ada suatu fenomena unik dari struktur-stuktur material yang berukuran mikro atau nano, apa fenomenanya? Misalnya untuk membuat suatu koloid yang berukuran nano, ada yang harus diperhatikan yaitu ukuran dari setiap molekul harus homogeny, tidak ada yang boleh besar, mengapa? Karena jika ada molekul yang lebih besar dari molekul lainnya, maka molekul-molekul yang kecil akan tertarik menempel ke partikel/molekul yang lebih besar tersebut, dan akan menyebabkan terjadinya pengendapan, yang tentu saja tidak diinginkan dalam membuat koloid yang baik. Ada lagi tentang kesetimbangan termal (ini sih udh lulus kul nya ). Panas selalu mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, yang artinya selalu terjadi kesetimbangan panas dalam keadaan normal. Lalu kita bayangkan apa yang akan terjadi jika kita menahan suatu panas tersebut (kita isolasi), sedangkan pengisolasiannya kurang, seperti dapat kita lihat di kompor yang lagi masak air? Tutup dari air akan terlontar keluar akibat panas di dalam teko bukan?!
Alam selalu menyukai keseimbangan, jika tidak maka akan terjadi kekacauan yang akan merusak alam ini. Seperti dicontohkan diatas. Dapat kita lihat dalam kehidupan kita, bahwa system ekonomi kapitalisme ternyata membawa kehancuran bagi ekonomi dalam suatu Negara, contohnya resesi ekonomi belakangan ini yang banyak membuat negara2 barat kolaps. Seperti kita tahu bahwa kapitalisme ialah, istilah sederhannya, “siapa yang kaya akan makin kaya, dan si miskin akan tetap miskin” , yang artinya uang hanya terdapat di segelintir pihak, dan pihak lainnya akan tetap miskin. Ibarat sebuah benda yang akan dijatuhkan dalam suatu ketinggian akan mempunyai energy potensial yang besar, yang akan menghantam dengan keras permukaan bawahnya. Lambat laun akibat kesenjangan ekonomi yang terjadi khususnya di Indonesia, akibat kapitalisme, ini akan membuat suatu energy potensial yang besar dan akan menghancurkan bangsa ini.
Sudah selayaknya Indonesia segera merubah system ekonomi yang cenderung kapitalis-liberal ini. Kita tidak mau di Negara kita tercinta ini terjadi suatu pengendapan moral,ekonomi, maupun dalam bidang2 lainnya seperti terjadi pada contoh pembuatan koloid material diatas bukan?.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: