Persib akan melakukan rasionalisasi gaji pemain

Seperti telah diketahui persib bandung, sebuah klub yang katanya profesional, sebuah klub kebanggaan Jawa Barat, khususnya warga kota BAndung, yang anggarannya dalam semusim telah mencapai hampir 30 miliar dikabarkan akan melakukan rasionalisasi gaji pemain, akibat masalah keuangan yang mendera. Kata rasionalisasi di sini sangat unik yaitu The process whereby social organizations increasingly emphasize efficient means and planning in order to achieve their goals. Yang aneh disini ialah ketidakprofesionalan para penguuru manajemen persib yang tidak memperhitungkan secara cermat, berapa pengeluaran dan berapa pendapatan yang diperoleh persib, sehingga anggaran belanja dapat diperhitungkan dengan baik.

Pada awal musim lalu persib mengajukan anggaran sebesar hampir 16 miliar rupiah, yang pertanggungjawabannya pun terkesan tidak profesional (diserahkan 30menit sebelum LPJ). Lalu saat ini persib mengajukan anggaran lagi sebesar 14 miliar rupiah. Apa manajemen persib belum pernah belajar keuangan??. Bukankah anggaran pertama sebesar 16 miliar itu tadinya untuk membiayai 1 musim Liga?. Mengapa persib mengontrak pemain-pemain yang mahal, sementara anggaran tidak mendukung?. Hal itulah yang akhirnya menyebabkan rasionalisasi gaji pemain yang mungkin sudah dianggap tidak rasional (tetapi tetap dipaksakan?). Hal ini akan mengganggu konsentrasi pemain persib. Tidak ada alasan bagi persib untuk merestrukturisasi jajaran manajemen persib.

Kita warga bandung tentu sangat ingin persib jaya, juara. Tetapi tidak dengan cara seperti itu. Dengan mengorbankan APBD yang tentu akan sangat bermanfaat lebih jika digunakan untuk hal-hal lain. The last but not least, semoga dengan adanya niat untuk menjadikan persib sebuah PT dapat menjadikan persib sebuah klub olahraga yang profesional

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: