Sumbang saran untuk kota Bandung

SUMBANG SARAN UNTUK KOTA BANDUNG

Abstraks
Tulisan ini merupakan sumbang saran untuk Pemerintah Kota Madya Bandung berkaitan dengan tema kota. Bandung BERMARTABAT. Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT
menganugerahi kelebihan sumberdaya kepada kota Bandung. Sudah selayaknya pemerintah dan masyarakat kota Bandung mendayagunakan semua anugerah untuk meningkatkan harkat martabat masyarakatnya.Berbagi pengalaman dan menjadikan Bandung sebagai model pembangunan budaya Indonesia, modelpartisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pusat pengkajian dan penerapan serta studi banding bagi kotadi Indonesia dari semua aspek hidup dan kehidupan bernegara, bertetangga, berkomunkasi, bermusyawarah,berdemokrasi, transparansi, hak asasi dan penegakan hukum. Pendek kata, Bandung punya semua, ibaratpohon karet menunggu disadap getahnya, ibarat bijih emas menunggu ditambang.

Pendahuluan
Kota Bandung menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak dimiliki
oleh kota- kota lain di Indonesia, antara lain:
1. Institusi pendidikan ternama antara Institut Teknologi Bandung, Univresitas Pendidikan Indonesia,
Universitas Pajajaran dan berbagai Universitas Swasta ternama lainnya dengan berbagai kepakaran dan
segudang pengalaman. Karena itulah, Bandung merupakan kota tujuan pendidikan dan pilihan utama para mahasiswa terbaik dari berbagai kota di Indonesia.
2. Alam dan lingkungan kota Bandung yang sejuk menjadi daya tarik sendiri bagi warga ibukota untuk
berwisata akhir pekan, melepas kepenatan dan berkumpul bersama keluarga. Di sekitar Bandung terdapat sumber air panas yang mampu menghilangkan kelelahan dan memberikan tenaga baru untuk memulai kerja.
3. Sebutan kota Kembang, dan Paris Van Java mencerminkan citra diri yang ramah, simpatik, empatik
agamis dengan tutur bahasa yang sangat halus dan takrama yang tinggi mencerminkan budaya adluhung warga masyarakat Bandung.
4. Pusat industri teknologi tinggi seperti PT. Dirgantara Indonesia, PT. Telekomunikasi Indonesia, PT kereta Api, pusat pengembangan dan produksi berbagai obat seperti PT Biofarma dan PT Kimia Farma, gedung bersejarah dimana para putra-putri terbaik bangsa berjuang untuk merdeka dan mandiri.
5. Tumbuh dan berkembang pusat pergadangan dan agrobisnis, pendidikan tinggi meneguhkan Bandung
sebagai kota jasa, perdagangan dan wisata belanja, wisata budaya dan wisata pendidikan dan pelatihan,studi banding dan pusat kajian lain yang merupakan keunggulan kota Bandung.
Pemerintah dan warga masyarakat kota Bandung patut bersyukur anugerah ini. Pemerintah dan warga masyarakatselayaknya mendayagunakan anugerah untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan harkat martabat, kesejahteraan serta berbagi untuk warga masyarakat kota lainnya.

Spektrum cerdas dan implikasinya

Kata cerdas dapat diartikan sebagai ukuran kemampuan mendayagunakan segala sumberdaya menjadikan setiap peluang menjadi kenyataan, mengubah kegagalan dan ancaman menjadi peluang menuju keberhasilan secara sistematis-logis-prosedural (pranata) dalam merancang program dan sasaran yang hendak dicapai, mengatur strategi untuk melakasnakan, mengendalikan program serta melakukanpengukuran, analisis dan tindakan penyelesaikan berbagai persoalan secara cepat, tepat, biaya yang optimal. Bandung cerdas dapat dimaknai sebagai pendayagunakan ke lima sumberdaya diatas secara terintegrasi-sinergi untuk peningkatan dan perbaikan pelayanan masyarakat dalam bidang pendidikan & pelatihan, kesehatan, keamanan & ketertiban masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kesempatan untuk memperoleh informasi dan partisipasi dalam perencanaan dan arah pembanguan kota. Selain itu, Bandung cerdas dapat juga dimaknai sebagai penciptaan kondisi yang menstimulir tumbuh dan berkembangnya partisipasi aktif masyarakat untuk senantiasa berkontribusi dalam upaya pemerintah kota menyususun, melaksanakan, mengendalikan dan koreksi program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran. Dengan demikian Bandung cerdas akan juga dapat dimaknai sebagai suatu penciptaan sistematis-logis-prosedural dengan spektrum luas, yang dapat memberikan dasar dan pijakan sebuah model implementasi demokrasi, transparansi, hak azas, kota Bandung dan dapat dijadikan teladan atau model bagi Pemerintah kota lain.

Sumbang saran

Sebuah postulat memberikan petunjuk bagi kita bahwa keberhasilan program sangat berkaitan dengan pengukuran, analisis dan tindakan perbaikan setelah menemukan sumber penyebab terjadinya penyimpangan. Seperti layaknya suatu kegiatan bisnis, kegiatan pemerintahan dimulai dari penetapan sasaran program, pengukuran kinerja, analisis data dan tindakan perbaikannya dilakukan secara periodk dan kerbesinambungan serta terdokumentasi secara baik dan lengkap. Karena itu, kemajuan setiap program dapat dilihat secara jelas, wajar dan pembelajaran atau rujukan dalam menetapkan perbaikan selanjutnya. Anugerah berupa sumberdaya manusia, alam & lingkungan, letak geografi, dan karakteristik masyarakat dengan budaya adiluhung dapat diberdayagunakan untuk meningkatkan harkat martabat warga masyarakat kota Bandung. Kelebihan dan keunggulan pootensi berbagai sumberdaya ini menjadikan kota Bandung semestinya mampu tampil lebih baik, lebih sejahtera, lebih religi dalam semua aspek kehidupan. Kriteria pemerintah yang cerdas adalah mampu memberikan pelayanan yang selalu lebih baik, memberikan ruang dan waktu terbuka untuk saran dan pendapat, berorintasi kepada kepentingan masyarakat sebagai pemberi amanah, dan semua tikah laku dan tindak tanduk akan senantiasa menjadi panutan dan tauladan masyarakat. Pemerintah yang amanah mempunyai value adalah pemerintah yang memberikan manfaat terhadap masyarakat dan lingkungan. Pemerintah yang dikenang selayaknya memilih kenangan yang indah, harum, dihormati dan dihargai sebagai pribadi dan sekaligus jabatan. Pemerintahan kota Bandung cerdas berarti mensinergikan potensi sumberdaya secara sistematis, logis, dan prossedural yang berbasis kepada keterbukaan, transparansi, dan kredibel, antara lain,

1. Bersama institusi pendidikan dan masyarakat membuat visi kota Bandung BERMARTABAT dan cetak biru
tahapan dan program pembangunan berorientasi kepada pertumbuhan, kemandirian dalam upaya
mewujudkan peningkatan kualitas hidup.
2. Bersama industri teknologi tinggi seperti PT Dirgantara Indonesia, Telkom, Kereta Api, dan lembaga lain
menjadi pusat keunggulan untuk meningkatkan wawasa, pengkayaan pengetahuan melalui pendidikan dan
pelatihan serta ketrampilan tenaga kerja usia produktif
3. Mengintegraskan potensi dengan kota sekitarnya dalam hal akses sistem transportasi, pengendalian
pencermaran, banjir dan sampah sebagai upaya mendukung dan menjadikan Bandung sebagai kota
wisata belanja.
4. Menggunakan kemajuan teknologi untuk membangun dan mengembangkan nilai, warna dan kualitas
demokrasi, transparansi, hak azasi sebagai model di Indonesia
5. Membangun komusikasi timbal balik yang menyangkut kebijakan dan sumbang saran masyarakat dalam
berpartisiapasi dan berkontribusi kepada program pemberdayaan dan koordinasi dengan masyarakat,
pejabat yang terbuka untuk mengendalikan efektifitas dan solusi atas keluhan masyarakat.
6. Menciptakan keamanan dan kesempatan kerja dan pendidikan yang layak untuk masyarakat kota yang
jauh berada dengan kota lain.
Pada Akhirnya, pendayagunaan anugerah yang dimiliki Bandung berpulang kepada pemerintah dan masyarakat
kota Bandung sendiri. Bandung punya semua, dari Bandung kota lain berkaca dan belajar berbagai hal. Dan semua
punya Bandung dimana model pendayagunaan memberikan inspirasi, diadopsi dan diimplementasikan di kota lain.
Ibarat pohon karet kapan mulai disadap getahnya, ibarat bijih emas kapan mulai ditambang.

Rancaekek, 14 September 2008 01.50

    • hanafifu
    • November 26th, 2008

    Wah.. tx ya infonya🙂 kota bandung memang selayaknya menjadi kota besar karena potensi yang dimilikinya. tapi, kenapa Bandung makin sumpek aja ya.. terutama PKL, pasar, sama sampah-nya masiiih aja belum terselesaikan.

    http://e-belajarbisnis.tk

    • savemybandung
    • November 28th, 2008

    memang keadaan kota bandung sudah makin kritis aja..sesama orang bandung ya??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: