Terbanglah tinggi Garuda Muda..

tibo
SEA Games telah dimulai, Negara-negara Asia Tenggara siap untuk berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. SEA Games ke-26 kali ini diselenggarakan di Jakarta-Palembang, sebuah peningkatan ajang kejuaraan internasional diselenggarakan diluar ibukota. Di sea games kali ini tentu saja cabang olahraga yang ditunggu-tunggu ialah cabang sepakbola. Meskipun cabang ini hanya menyediakan 1 medali emas, namun cabang inilah yang paling popular diantara cabang-cabang olahraga lainnya.

Timnas sepakbola Indonesia berada di grup A, grup yang disebut-sebut grup neraka, dengan diisi  oleh tim-tim kuat seperti, Thailand, Malaysia, sang juara bertahan, dan Singapura. Indonesia sendiri saat ini berada di puncak klasemen grup A dengan mengemas poin sempurna 9, dari 3 kali pertandingan. Pertandingan pertama, Indonesia melumat Kamboja dengan torehan 6 gol berbanding 0. Pada pertandingan kedua, Indonesia kembali unjuk gigi dengan melumat Singapura 2-0, dan mala mini, 13-11-2011, Indonesia baru saja melumat mantan raja Asia Tenggara, Thailand, 3-1.

Pertandingan melawan Thailand cukup a lot pada awal laga, Thailand mengambil inisiatif melakukan penyerangan, membuat pertahanan Indonesia sedikit kerepotan. Namun seiring perjalanan waktu, permainan Indonesia menemukan bentuk terbaiknya. Thailand harus bermain dengan 10 orang pada menit 13 saat salah satu pemainnya menerima akumulasi kartu kuning saat melakukan pelanggaran terhadap Andik. Dan akhirnya pada menit 33’ Indonesia berhasil menceploskan gol melalui tandukan Titus Bonai, memanfaatkan umpan krosing Hasim Kipouw, tandukannnya amat keras dan terarah, tak mampu dijangkau kiper Thailand. Kedua tim saling jual beli balasan, dan pada akhirnya Thailand berhasil menyamakan kedudukan melalui penalty pada menit 51’, setelah salah satu pemain Thailan dijatuhkan Abdurrahman di kotak penalty.  Keadaan imbang ini tak berlangsung lama, setelah Wanggai menceploskan bola melalui tandukannya memanfaatkan sepak pojok. Setelah gol ini, pemain kedua tim tetap menampilkan permainan terbuka,  namun apes bagi Thailand, pemainnya dikeluarkan lagi oleh wasit, setelah salah satu pemainnya melaukan talking brutal terhadap Andik. Thailand tentu saja tidak ingin angkat koper lebih awal, sehingga meskipun bermain dengan 9 pemain, setelah pemain Thailand di kartu merah wasit, Thailand tidak mengendurkan serangannya.

Indonesia tampak lebih leluasa setelah Thailand hanya bermain dengan 9 orang. Dan menjelang akhir pertandingan, Ferdinan Sinaga, yang masuk menggantikan Andik, menceploskan bola, memanfaatkan umpan krosing Patrich Wanggai, melalui serangan balik yang cepat. Dengan ini Indonesia mengunci kemenangan 3-1, dan lolos ke semifinal. Meskipun demikian, Indonesia masih menyisakan satu pertandingan melawan Malaysia selasa esok, 15-11-2011. Semoga permainan timnas garuda muda ini tetap stabil sehingga dapat meraih emas, setelah puasa lebih dari 20 tahun.

Susunan Pemain

Indonesia: 1- Kurnia Meiga; 13-Gunawan Dwi Cahyo, 28-Abdul Rahman, 15-Hasim Kipuw, 24-Diego Michiels; 8-Egi Melgiansyah, 26-Hendro Siswanto (Mahardiga Lasut 56); 21-Andik Vermansyah (Lucas Mandowen 87), 10-Octovianus Maniani (Ferdinand Sinaga 80), 27-Patrich Wanggai; 25-Titus Bonai

Thailand: 18-Ukrit Cumsokcheak; 3-Seeket Madputeh, 8-Sarach Yooyen, 9-Ronnachai Rangsiyo, 11- Isarapong Lilakorn, 12-Kroekrit Thawikan, 14-Natarid Thammroddodpon, 15- Theeraton Bunmathan, 16-Sutjarit Jantakol, 17-Pokklaw A-Nan, 20-Komkrit Cumsokcheak

Jayalah Indonesia!!

About these ads
  1. November 23rd, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: